Sabtu, 21 Desember 2013

Sedikit Lebih Memperjelas MSG Bukan Berarti Tidak Berbahaya

13871032141639617459
"MonoSodiumGlutamat sumber Magazeta.com"

(Tergugah dari tulisan Salah Kaprah MSG) Saat ini memang banyak dari makanan yang kita makan berhubungan dengan zat kimia sintetik yang tidak kita ketahui. entah dari proses pembersihan, pengawetan, pewarnaan dan lain-lain
Saya membaca sebuah tulisan  tentang MSG (monosodium glutamat), rasanya ada yang perlu di tambahkan info, karena baiknya kita mau tau lebih banyak dan menelitinya secara asik tentang yang kita baca.
Memang masalah MSG masih dalam banyak perdebatan, tapi tidak ada salahnya kita banyak lebih banyak lagi membaca referensi pendapat dari banyak ahli agar lebih menambah wawasan kita dalam berpikir.
Pada keterangan Sumber   www.mayoclinic.com/health/monosodium-glutamate/AN01251
sebagai berikut:
Penggunaan MSG masih kontroversial. Untuk alasan ini, ketika MSG ditambahkan pada makanan, FDA mengharuskan hal itu tercantum pada label.
MSG telah digunakan sebagai aditif makanan selama beberapa dekade.Selama bertahun-tahun, FDA telah menerima banyak laporan anekdot reaksi negatif terhadap makanan yang mengandung MSG. Reaksi-reaksi ini - yang dikenal sebagai MSG gejala kompleks - meliputi:


  • Sakit kepala

  • Pembilasan

  • Berkeringat

  • Facial tekanan atau sesak

  • Mati rasa, kesemutan atau terbakar di wajah, leher dan daerah lainnya

  • Cepat, detak jantung berkibar (jantung berdebar-debar)

  • Nyeri dada

  • Mual

  • Kelemahan
Namun, para peneliti tidak menemukan bukti definitif hubungan antara MSG dan gejala-gejala tersebut. Para peneliti mengakui, meskipun, bahwa persentase kecil orang mungkin memiliki reaksi jangka pendek terhadap MSG. Gejala biasanya ringan dan tidak memerlukan pengobatan. Satu-satunya cara untuk mencegah reaksi adalah dengan menghindari makanan yang mengandung MSG.


Tapi pada sumber bacaan lain memberikan referensi yang keterangan lebih baik yang bisa di lihat pada rangkuman ini:


Mengapa MSG begitu Berbahaya

Salah satu ikhtisar terbaik dari bahaya yang sangat nyata dari MSG berasal dari Dr Russell Blaylock ahli bedah saraf dan penulis " eksitoksin: The Taste which make death . "Di dalamnya ia menjelaskan bahwa MSG adalah excitotoxin, yang berarti overexcites sel-sel Anda ke titik kerusakan atau kematian, menyebabkan kerusakan otak untuk berbagai tingkat - dan bahkan berpotensi memicu atau memperburuk ketidakmampuan belajar, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, penyakit Lou Gehrig dan banyak lagi.
Sebagian dari masalah juga adalah bahwa asam glutamat bebas adalah neurotransmitter (media penghantar ke jaringan sayaraf) yang sama bahwa otak Anda, sistem saraf, mata, pankreas dan organ lain gunakan untuk memulai proses tertentu dalam tubuh Anda. ( Sumber MSGTruth.org “What Exactly is MSG?”) Bahkan negara FDA:

"Penelitian telah menunjukkan bahwa tubuh menggunakan glutamat, asam amino, sebagai impuls pemancar saraf di otak dan bahwa ada jaringan glutamat-responsif di bagian lain dari tubuh, juga.

Fungsi abnormal dari reseptor glutamat telah dikaitkan dengan penyakit neurologis tertentu, seperti penyakit Alzheimer dan chorea Huntington.Suntikan glutamat pada hewan laboratorium telah mengakibatkan kerusakan pada sel-sel saraf di otak. " (Sumber : U.S. Food and Drug Administration “FDA and Monosodium Glutamate (MSG)” August 31, 1995)


Meskipun FDA terus mengklaim bahwa mengkonsumsi MSG dalam makanan tidak menimbulkan efek samping , banyak ahli lain mengatakan sebaliknya.
Menurut Dr Blaylock, banyak reseptor glutamat telah ditemukan baik di dalam sistem konduksi listrik jantung Anda dan otot jantung itu sendiri. Hal ini dapat merusak hati Anda, dan bahkan dapat menjelaskan kematian mendadak kadang-kadang terlihat di antara atlet muda.
Dia mengatakan:

"Ketika kelebihan eksitoksin bertalian dengan makanan, seperti MSG, dihidrolisis protein kedelai isolat protein dan berkonsentrasi, bumbu alami, sodium caseinate dan aspartat dari aspartam, dikonsumsi, reseptor glutamat ini over-dirangsang, memproduksi aritmia jantung.

Ketika keadaan magnesium rendah, seperti yang kita lihat pada atlet, reseptor glutamat sangat sensitif yang bahkan tingkat rendah eksitoksin ini dapat menyebabkan aritmia jantung dan kematian. " (sumber eMediaWire “Athlete Alert: Renowned Neurosurgeon Identifies Aspartame & MSG in Sudden Cardiac Death” April 15, 2005)

Banyak efek samping lainnya juga telah dikaitkan dengan konsumsi secara teratur MSG, termasuk:
  • Kegemukan

  • Kerusakan mata

  • Sakit kepala

  • Kelelahan dan disorientasi

  • Depresi
Selanjutnya, bahkan FDA mengakui bahwa "reaksi jangka pendek" yang dikenal sebagai MSG Gejala Complex dapat terjadi pada kelompok orang tertentu, yaitu mereka yang telah dimakan "dosis besar" MSG atau mereka yang memiliki asma. (sumber :FFDA Consumer Magazine “MSG: A Common Flavor Enhancer” January-February 2003)
2013/08/04 (sumber http://www.healthcarezone.ru/meds/20130408045001-5184.html)
Studi menunjukkan ilmuwan Amerika dilakukan pada hewan dan manusia, makanan aditif banyak digunakan MSG (monosodium glutamate atau monosodium glutamat, atau aditif makanan E621) memberikan kontribusi untuk kenaikan berat badan. Apa makanan aditif monosodium glutamat E621?  Dalam komposisi makanan, melayani penambah rasa. Hal ini sering disebut "kelima" tanda utama dari rasa setelah manis, asam, asin dan pahit. Orang Jepang menyebutnya "umami", yang berarti "barang". Zat ini masuk ke dalam tubuh,dimana "menangkap" mediator (bahan kimia otak yang penting), membuat selera untuk bekerja keras. Tubuh membutuhkan peningkatan jumlah makanan, yang akhirnya mengarah ke penambahan berat badan. Selain itu, suplemen gizi memiliki efek samping yang berbeda. Makan lebih banyak makanan dengan 5g zat ini menyebabkan sakit kepala yang kuat, dan anak-anak menderita rangsangan berlebihan. Suplemen makanan E621ochen banyak digunakan dalam produksi pangan. Paling sering itu hadir di tempat makanan cepat saji seperti hamburger, kentang goreng dan ayam dalam chip yang berbeda, kacang panggang, kerupuk, dll Untuk menghindari kenaikan berat badan, menghindari makanan yang mengandung E621. - Jangan lupa untuk memeriksa komposisi produk , - jika mungkin, cobalah untuk membeli produk organik - sesedikit mungkin, mengkonsumsi keripik, burger, ayam goreng, dll - Cobalah untuk tidak makan produk daging, dimasak direbus dalam panci atau wajan, karena selama pendinginan dari protein dilepaskan semua asam glutamat yang sama persis.

Jadi menurut saya

Baiknya Memilih untuk bebas dari MSG
Membuat keputusan untuk menghindari MSG dalam diet Anda sebanyak mungkin adalah pilihan yang bijaksana untuk hampir semua orang. Baiknya menyiapkan makanan di rumah, menggunakan bahan yang segar. Sebijaknya bagi semua  sudah mengetahui makanan yang  akan   anda makan murni dan bebas dari pengawet, pewarna dan lainnya yang dapat membahayakan kesehatan, begitu pula  aditif yang belum diketahui pasti efeknya bagi kesehatan seperti MSG .
Memilih makanan utuh pada akhirnya akan memberikan rasa yang lebih baik dan lebih bernilai pada  kesehatan,  daripada harus memakai MSG jadi tambahan makanan olahan Anda.

Senang berbagi :


"Tidak ada salahnya  jika kita sebaiknya mulailah sedikit asik  meneliti apa yang ada di lingkungan kita"
Referensi lainnya yang bisa anda baca
http://health.howstuffworks.com/wellness/food-nutrition/facts/the-dangers-of-monosodium-glutamate.htmi
http://www.eurolab.ua/symptoms/pain/128/
http://melede.ru/different/food/526-glutamat-natriya-pobochnye-effekty.html
http://www.healthcarezone.ru/meds/20130408045001-5184.html
http://www.naturalnews.com/039199_central_nervous_system_damage_MSG.html