Sabtu, 21 Desember 2013

Pesan Cinta pada Pandangan I (Edisi Sedikit Tau tentang Kesehatan)

1386955872439678688
Blue Eyes sumber telegraph.co.uk
Pernahkah di pikirkan bagaimana hubungan cinta dengan mata, kalau anda mau memperhatikan mata itu sangat berjasa karena dari mata anda dapat mendokumentasikan pesona  yang terdapat dari pasangan anda, dari mata bisa membaca bait demi bait puisi yang tertera atau paragraf demi paragraf yang ada,  dari mata dapat membandingkan apa yang menurut anda indah atau tidak.
Dan kalau orang bilang untuk mengetahui cinta bisa dilihat dari matanya, pernyataan itu benar, bagaimana ? coba perhatikan teman anda, kalau dia tertarik dengan orang maka akan terlihat kelopak mata membesar begitu pula dengan pupil matanya akan berkontraksi  karena disini otak melepaskan dopamin. Selain itu arah pandangan akan terus tertuju kepada orang yang disukainya.
Penelitian yang diterbitkan Archives of Sexual Behavior tahun 2009, Jika pria berkontak mata dengan seorang wanita aelama 8,2 detik maka dapat membuat peluang   “cinta pada pandangan pertama,”  dan  jika  seorang  pria yang hanya menatap  sekitar 4 detik menunjukkan ia kurang terkesan.
AllAboutVision.com membuat angket untuk pemilihan  warna mata yang paling menarik, dimana paling terbanyak yaitu 46 ribu orang memilih mata biru kehijauan sebagai mata terfavorit (wah jadi teringat puisi saya ya…)
Karena itu kenapa kita tidak bahas saja pada edisi saat ini tentang mata dan kelainannya, agar kita lebih tau sedikit tentang kesehatan.
Mata manusia adalah organ yang paling kompleks dalam tubuh kita.  Bola kecil yang sangat menakjubkan dimana  bisa  begitu banyak yang bisa di kerjakan sehingga dapat menghasilkan visual yang di baca oleh otak kita.
untuk itu mari kita perhatikan dahulu anatomi mata berikut ini

13869531301097549293
Anatomi Mata sumber tedmontgomery.com

Adapun secara garis besar anatomi mata dan fungsinya yaitu antaranya:
  • Kornea      : merupakan jendela depan yang jelas dari mata yang mentransmisikan dan memfokuskan cahaya ke dalam mata.

  • Iris              : berwarna bagian dari mata yang membantu mengatur jumlah cahaya yang masuk

  • Pupil           :  sebagai pusat pembuka yang berwarna gelap gelap terdapat di tengah iris yang menentukan  seberapa banyaknya cahaya  bisa masuk ke mata

  • Lensa         : struktur transparan di dalam mata yang memfokuskan sinar cahaya ke retina

  • Retina        : lapisan saraf yang melapisi bagian belakang mata, indra cahaya, dan menciptakan impuls listrik  yang berjalan melalui saraf optik ke otak

  • Makula        : area sentral kecil di retina yang mengandung sel-sel yang sensitif terhadap cahaya khusus dan memungkinkan kita untuk melihat detil-detil halus jelas

  • Saraf optik : menghubungkan mata ke otak dan membawa impuls listrik yang dibentuk oleh retina ke korteks  visual otak

  • Vitreous     :  substansi seperti jelly yang mengisi bagian tengah mata
Setelah kita ketahui secara anatomi, berikutnya penyakit-penyakit mata yang umumnya  suka terjadi yaitu:
  • Adanya infeksi pada mata dan kelopak mata

  • Kelainan Bias

  • Katarak

  • Alergi mata
Semuanya akan kita bahas bada tulisan berikutnya.
Senang berbagi
(Gunakan mata sebagai jendela hati  untuk melihat dan berbuat agar sekitar kita menjadi lebih baik) -me on earth-
Lidia -