Sabtu, 21 Desember 2013

Rumah Sakit Khusus untuk Tahanan di St. Petersburg


13874625801760453963
FP Haas (sumber http://78.fsin.su)


(Setiap manusia berhak mendapatkan pelakuan yang sama untuk kesehatannya termasuk dokternya jugakan) Apakah anda pernah tau tentang  sumpah dokter??? . Tapi kali ini bukan membahas tentang lafal sumpah tersebut, hanya saja pembahasan ini berhubungan sedikit dengan sumpah dokter yaitu "Kesehatan penderita senantiasa akan saya utamakan"  dari lafal tersebut jelas siapapun penderitanya, maka dokter akan senantiasa mengutamakana kesehatan penderitanya
Di  St.Petersburg  selain Istana Peter Hoff ada tempat juga yang cukup menarik bagi saya yaitu Rumah sakit  yang sudah cukup tua yaitu Rumah Sakit Daerah Dr. FP Haas  yang merupakan rumah sakit khusus melayani orang-orang dengan kasus hukum atau orang yang sedang dalam tahanan penjara.
Awal di bangun rumah sakit ini yaitu 1874  yang sebelumnya merupakan tempat barak pengawal resimen Lithuania, kemudian tahun 1877 digunakan sebagai rumah tahanan, lalu 1918 menjadi  rumah sakit penjara. terakhir dari tahun 1957 berubah menjadi rumah sakit pusat yang mambantu melayani kesehatan pasien tahanan di seluruh wilayah Rusia. Rumah sakit ini di pelopori oleh seorang dokter yang dermawan yaitu Dr. Fendor Petrovich Haas , seorang pria yang mengabdikan  seluruh aktivitas kehidupan untuk memberikan bantuan medis dan perawatan  kepada para tahanan.
Saat ini rumah sakit di bawah lembaga Federal Layanan Pemayarakatan Federasi Rusia. Pada rumah sakit ini terdapat 12 departeman yang melayani  berbagai penyakit. Selain penyakit yang non infeksi seperti bedah, penyakit mental, maupun penyakit infeksi serta juga penyakit menular yang saat ini meningkat cukup tajam sepertu TBC, Hepatitis, HIV, dan lainnya.

13874628122017006157
Bangsal Rumah sakit (sumber doctorpiter.ru)


Di dalam rumah sakit ini cukup di bilang baik dimana pasien diperlakukan layaknya pasien yang sakit, walaupun tidak ada perbedaan kelas pada bangsal ini, tapi untuk standar pelayanannya cukuplah baik. Bahkan bangunan rumah sakit tahanan ini sudah dibuat fasilitas sistem pengelola kebakaran otomatis sehingga  bangunan rumah sakit sudah tersedia penanggulangannya jika terjadi kebakaran sesuai dengan peraturan keselamatan kebakaran.

1387464738699358128
"bagsal di RS tahanan (sumber fsin.su)"


Walaupu bangsal di batasi dengan jeruji tetapi keadaan masih dibilang manusiawi dalam melayani kesehatan para tahanan yang ada di Rumah Sakit ini.


13874636972119099672
"pembahasan tentang pencegahan penyakit menular "


Berita september 2013 lalu di rumah sakit ini di bahas  kemungkinan berpartisipasi dokter rumah sakit dalam penyusunan tematik  pencegahan dan pengobatan penyakit menular di penjara dalam proyek "Kemitraan Sosial untuk mencegah HIV / AIDS, hepatitis dan TBC." Pada malam Komisaris Hak Asasi Manusia di St Petersburg mengunjungi Lembaga Negara Federal "
Bahkan baru Desember 2013  rumah sakit ini mempunyai fasilitas rumah sakit yang bisa di bilang bertehnologi cukup tinggi. Dengan   terapi peralatan medis modern dan diagnostik bersama dengan  staf yang berkualitas spesialis medis sehingga bisa melayani kegiatan seperti bedah saraf, bedah maksilofasial, bedah toraks, oftalmologi dan bedah THT. Peralatan Departemen peralatan medis terbaru Anestesiologi dan Intensive Care jadi bisa memungkinkan melakukan intervensi bedah di rumah sakit.


1387464521730322114
"Tindakan opersi di RS (sumber www.fsin.su/news)"

Memang jauh kiranya kalau kita mengharapkan di Indonesia terdapat rumah sakit seperti ini, tapi ini bisa sebagai masukkan kita dalam bidang kesehatan, dimana setiap orang mempunyai hak dan perlakuan yang sama. Dan perlu juga di ambil baiknya bahwa pemerintah Rusia juga memperhatikan semua warganya, dengan tetap memikirkan kesehatan rakyatnya, selain itu juga menjamin  kesejahteraan semua tenaga kesehatan yang melayani kesehatan warga, dan menyediakan fasilitas, sistem,  serta perangkat kesehatan yang memadai,  jadi para tenaga kesehatan tidak perlu mempunyai banyak beban dalam keseharianya untuk melayani kesehatan penderita.


Senang berbagi (Kesehatan adalah milik bersama yang harus kita jaga bersama bukan hanya dibebankan pada para pelayan kesehatan, tetapi kita semua turut bertanggung jawab di dalamnya agar menuju Indonesia menjadi Sehat Jasmain dan Rohani)
-me on earth-lidia (Moskow, 19:07, 191213)