Sabtu, 28 Desember 2013

Tanpa Rekam Medis, Tidak Bisa Sekolah

Dengan pencatatan yang benar dan jelas, makan membuat sejarah menjadi benar dan jelas) Kalau kita belajar biasanya kita berusaha mencatat semua pelajaran yang  telah dipelajari, gunanya agar bisa ingat atau membaca  kembali semua hal yang pernah kita ketahui. Ini sama  halnya seperti rekam medis.


13879293971205478137
Kartu  Medis Rusia  (sumber clean-help.ru)

Rekam medis merupakan dokumen yang merekam semua hasil medis, diagnostik, pencegahan, rehabilitasi, sanitasi, resep obat dan kegiatan lainnya  yang  pernah di lakukan pada pasien. Dalam rekam medis tercatat semua tindakan dan segala kegiatan medis dari pasien,
Rekam medis ini sepertinya hal yang sepele, padahal kalau mau di pikirkan ulang ternyata kegunaan rekam medis ini sangatlah penting sekali bagi  seseorang, karena dari sini dokter bisa mendapatkan keterangan secara pasti perkembangan penyakit dari pasien, kemungkinan penyakit lain yang dapat di derita setelah mengetahui perkembangan data dan riwayat yang terdapat dalam rekam medis tersebut, dapat sebagai bukti yang cukup akurat  dalam semua kegiatan medis yang dilakuakan kepada pasien, bisa sebagai dasar klaim untuk asuransi (biasanya di negara maju).
Pada beberapa tempat di negara maju,  rekam medis ini sudah dicatat secara elektronik, jadi jika pasien  datang kerumah sakit manapun yang memang sudah ada fasilitas rekam medis elektronik di negara tersebut, maka data rekam medis pasien sudah dapat di akses secara online, sehingga memudahkan tenaga kesehatan untuk mengetahui riwayat atau sejarah penyakit pasien secara akurat.
Hal yang membuat saya kagum di Rusia adalah tentang rekam medis ini, karena rekam medis sudah tercatat sejak seorang anak itu awal di lahirkan, bahkan terus berkelanjutan seampai dewasa, hingga sampai meninggal dunia.  Jadi dokter dapat melihat sejarah medis pasien secara lengkap dan akurat.
Pemerintah Rusia memberi peraturan setiap anak yang ingin masuk sekolah harus mempunyai surat keterangan medis dan rekam medis. Anak tidak dapat diterima di sekolah tanpa mempunyai semua ini. Peraturan ini mutlak,  jadi tidaklah heran jika rekam medis dan kerangan medis di Rusia suatu hal yang sangat berharga untuk sang anak.
Peraturan ini  berlaku sejak anak akan di daftarkan ke taman bermain (pre school) atau TK, dan pihak sekolah juga tegas tidak dapat menerima jika tidak ada  rekam medis dan keretangan medis ini, karena pemerintah Rusia sangat kaku dan tidak main-main dalam memberikan sangsi kepada pihak sekolah,  jika ada suatu pelanggaran.  Untuk mendapatkan keterangan medis terakhir para anak yang akan masuk sekolah juga harus melakukan berbagai macam rangkaian tes kesehatan ulang kembali agar dapat dilihat perkembangan kesehatannya lebih jauh.
Setelah saya pelajari ternyata pemeriksaan kesehatan ulang  kembali untuk masuk sekolah ini cukup sangat lengkap, bahkan bisa dibilang seperti nyaris seperti pemerikasaan kesehatan orang  yang mau masuk PNS,   pemeriksaan  dan syarat kelengkapan medis untuk bisa masuk sekolah sebagi berikut  :

  • Pemeriksaan klinis Pengujian: darah, urin, feses pada telur cacing dan goresan pada enterobiasis

  • pemeriksaan dari para dokter spesialis:  saraf, dokter mata, otolaryngologist, dokter bedah, ortopedi (sebaiknya), ahli terapi bicara, dokter gigi, ahli saraf (psikiater) - jika ada indikasi, dokter TB - jika anak pada anak yang  tes Mantoux positif (5-6 mm atau lebih) terus menerus.

  • Adanya rekam medis Imunisasi yaitu: Polio lengkap, DPT lengkap vaksinasi campak, vaksinasi Mumps,  vaksinasi meningitis. vaksinasi  Rubella, vaksinasi hepatitis. Kesemua vaksinasi harus tanggal dan serial yang lengkap.

  • Hasil semuanya  harus ditanda tangani oleh dokter anak dan  manajer kantor penaggung jawab  klinik (biasanya klinik atau RS pemerintah) beserta  cap klinik resmi.

Kemudian dari hasil ini anak akan di masukkan kedalam beberapa kelompok kesehatan, dimana pengelompokan ini gunanya agar anak diketahui atau dimaklumi jika pada anak ada  kelainan tertentu, dan pengelompokan ini juga untuk menentukan sekolah yang sesuai bagi anak sehingga pendidikan  tidak menjadi beban untuk anak tersebut.


13879295681287822020
Pemeriksaan kesehatan anak (sumber 1form.ru )

Bisa kita bayangkan pemerintah Rusia sudah sangat memperhatikan warganya sejak dini dalam hal kesehatan ini, dan sudah membuat sistem lintas bidang  dalam menjaga kesehatan bersama. Bahkan saat anak  disekolah, para dokter pemerintah mempunyai jadwal kesehatan untuk melihat perkembangan kesehatan anak, serta melakuakan penjadwalan pemberian vaksinasi ulang secara berkala ke setiap sekolah, hal yang perlu di garis bawahi yaitu ini semua pemeriksaan dan tindakan medisnya  gratis.
Untuk  berlangsungnya  kontrol perkembangan kesehatan sang anak, di saat anak mau pindah ke sekolah manapun harus selalu membawa rekam medisnya dan mambawa ringkasan surat keterangan medis yang di sahkan oleh sekolah dan dokter penaggung jawab sekolah,  kalau tidak maka  anak tidak akan di terima di sekolah manapun. Hal ini juga berlangsung sampai anak ke bangku kuliah.
Suatu sistem kesehatan yang menurut saya sanga baik kita ketahui, mungkin kedepannya bisa kita contoh atau minimal diambil baiknya sebagai pembanding untuk kesehatan kita semua.
Senang berbagi ( Kerjasama lintas bidang adalah hal yang sempurna asalkan dengan tujuan yang sama, murni dan mulia  maka akan mendapat hasil yang sangat baik)
-lidia-