Sabtu, 28 Desember 2013

Makan Sate Rusia di Pasar Ismailova (Jika Ibu-ibu Belanja)


1387831388146357321
shaslik daging domba

Apakah anda pengemar sate???  Kalau iya berati sama dengan saya, makan sate ayam dengan lontong juga salah satu kesukaan saya. Membahas tentang sate, di Moskow juga ada berbagai macam sate dalam bahasa Rusia Шашлык (dibaca Shashlik), tapi sate di sini ditusuk menggunakan besi yang besar dan dengan potongan yang besar pula. Sejarah sate ini merupakan hidangan tradisional dari masyarakat nomaden dari Eurasia, tapi ada beberapa keterangan menjelaskan  bahwa cara memasak daging dengan membakar  sudah merupakan cara tradisional kuno yang di dapat sejak jaman prasejarah. Sedangkan cara membakar dengan menggunakan tusuk sate di percaya oleh para ahli berasal dari masyarakat Turki, karena fakta bahwa nama " barbecue " (membakar) berasal dari kelompok bahasa Turki  - Crimean Tatar kata " şışlıq " (sumber : pada buku ensiklopedis Dictionary Brockhaus dan Efron : pembahsan  Tusuk sate  di volume  86 - St Petersburg. , 1890-1907)


1387819559852089348
Jual shaslik di Ismailova

Bahan yang di gunakan  untuk membuat shashlik yaitu berbagai macam danging, ikan dan seafood.  Orang Rusia khususnya yang saya temukan di Moskow, sangatlah pandai dalam menbakar daging, sehingga daging terasa empuk juga enak, bumbu yang di gunakan cukup unik yaitu untuk daging sebelum dibakar di rendam ke dalam garam, jus delima , jus lemon, buah kiwi , lada, jus beberapa sayuran, rempah-rempah dan bawang. Sedangkan untuk  dari ikan dan seafood bumbu biasanya  digunakan garam, jus lemon dan bawang.


138781967797378782
Macam daging shaslik

Salah satu tempat yang menjual shashlik ini adalah di pasar  Ismailova. Di Ismailova setelan belanja souvenir khas Rusia tidak ada salahnya jika kita mencoba salah satu makanan Rusia ini. Anda dapat memilih daging apa saja, di sini ada daging domba, sapi, ayam dan juga ikan salmon. Tempat untuk makanya pada musim panas tinggal memilih di tempat terbuka ataupun tempat tertutup, dan pada musim dingin  tentunya di tempat yang tertutup.
Baiknya kita tau sedikit gizi yang terkandung pada masing-masing daging , jadi kita bisa lebih tau asupan gizi apa saja yang sudah kita makan
Daging Domba (bahasa rusianya баранина dibaca baradina)  hampir tidak mengandung kolesterol, tapi daging yang cukup sulit untuk dicerna , sehingga harus dibatasi untuk  mereka yang memiliki masalah dengan perut dan usus. Kandungan lemak pada danging domba lebih rendah 2,5 kali dari daging sapi, biasanya dalam 100 gr daging mengandung protein 18.58 gr  , pada daging  juga  mengandung mineral seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium dan fosfor serta vitamin nya - B1, B2. Kalori pada daging domba biasanya dalam 100 gram daging mengandung 195  kkal.(sumber medpulse.ru)


13878197822009580504
shasli dan roti usbek

Daging Sapi (bahasa Rusis говядина dibaca Gawayadina). Dalam 100 gr daging  mengandung kalium  sodium,  kalsium, magnesium, fosfor,  zat besi, vitamin B kompleks. Biasanya protein pada sapi 20.78 gr, juga terdapat  Low-grade kolagen dan protein elastin. Kalori yang di dapat dalam daging sapi panggang yaitu 180 kkal. (sumber edaplus.info)
Daging Ayam (bahasa Rusia  курица dibaca Kuritsa) vitamin dan mineral berikut: vitamin B3 - B6- B12 , mineral kolin , Mg,  fosfor ,sulfur , Zn , kromium, kobalt .Jumlah kadar dalam 100 dr daing yaitu kalori 113  kcal, protein 23,6  gr, lemak 1,9  gr,  Karbohidrat 0,4  gr (sumber health-diet.ru )
Daging ikan Salmon (dalam bahasa Rusia рыба лосось dibaca riba losos) dalam 100 gr ikan salmon mengadung Protein 21,62 g, lemak 5.93 g, lemak jenuh 1,26 g, lemak tak jenuh tunggal 2.134 g, lemak tak jenuh ganda 1.992 g. Mineral Sodium, Kalium, Mg, Kalsium, selenium, zat besi, zinc, tembaga, mangan, Vitamn B kompleks,vitamin A.(sumber health-diet.ru)

Dengan mengetahui nilai gizinya jadi kita dapat memilih daging apa yang ingin kita makan, tidak ada salahnya jika ingin  mengkombinasi daging yang kita makan untuk melengkapi kebutuhan gizi kita, tapi hendaknya kita sedikit mungkin makan daging yang memang tidak sesuai dengan keadaan kesehatan kita.


13878199971152213883
shaslik daging sapi

Dalam penyajianya  shashlik diberikan bersamaan dengan roti usbek yang rasanya gurih dan enak dan campuran semacam salad yang berisi dengan acar bawang , tomat, kol, saus tomat  serta mayones . Jangan lupa sambil minum teh hangat atau jus maka makan ini akan bertambah lezat. Walaupun makan shaslik ini tidak memakai nasi tapi akan  terasa kenyang sekali. Wah....kalau anda ke Moskow atau Rusia, baiknya anda juga merasakan hidangan Шашлык ini juga ya...
Senang berbagi ( You will never influence the world by trying to be like it)
-lidia-