Senin, 30 Desember 2013

Mengetahui Sejarah Influenza (Flu)

13882590081534766751
sumber udoktora.net
Apakah anda tau ternyata flu pernah menewaskan hampir 40 juta orang, hal ini terjadi kurang lebih dari seratus tahun yang lalu (sumber medportal.ru).  Oleh karena itu tidak ada salahnya kita mengetahui lebih banyak tentang sejarah flu ini.

Siapa ya yang tidak tau Influenza atau flu. Rasaya anak kecil pun sudah banyak yang tau.  Cairan yang  keluar melewati lubang hidung biasanya beriringan dengan demam, nyeri tenggorok , bahkan nyeri pada otot, kadang juga bisa di tambah dengan nyeri kepala yang berat.

Ternyatan penyakit Influenza sudah dikenal sejak beberapa ribu tahun yang lalu. Dimana penyakit ini di diskripsikan dalam kandungan karya-karya Hippocrates pada tahun 412 SM, ia menggambarkan penyakit yang gejalanya sama dengan influenza,yaitu pada pasien suhu meningkat tajam, sakit kepala dan nyeri tenggorokan juga muncul nyeri pada otot, juga 
penyakti ini menular luar biasa. Awalnya dari satu orang, kemudian beberapa hari ada puluhan yang sakit dan dalam seminggu bisa sampai ratusan orang. Kemudian pada tahun 212 SM sejarahwan Romawi Livy menggambarkan sebuah pandemi penyakit yang gejalanaya seperti Inflenza ini.

Pada abad ke-16  (  tahun 1510 dan 1580)  awal mulainya musim dingin di Jerman, terjadi epidemi Eropa mengalami setidaknya dua epidemi flu besar,  karena  dari epidemi  maka penyakit ini dikenal sebagai “influenza” (dari «influenza di freddo», yang diterjemahkan dari bahasa Italia berarti “paparan dingin).  Pada abad ke-20  penyakit ini dikenal sebagai kata  ”flu”  (dari kata Perancis “gripper” dan Inggris “pegangan” - menggenggam) menunjukkan gejalanya.

Kemudian berlanjut  pada abad ke-16 John Keyes,  dokter yang terkenal di Inggris, pertama kali menjelaskan secara rinci mekanisme influenza (ia memberinya nama “penyakitber keringat “), dan bahkan menyarankan suatu metode pengobatan penyakit yaitu dengan istirahat, dan larangan tindakan apapun yang dapat menyebabkan berkeringat. Keyes menyarankan bahwa penyakit berkeringat mempengaruhi manusia sebagai akibat makan jenis makanan tertentu. Di Eropa, flu telah dikenal untuk waktu yang lama di bawah nama “demam Italia” Italia dianggap sebagai negara paling hangat di Eropa, sehingga pasien suhu percaya bahwa penyakit ini berasal dari semenanjung Apennine. (samoupravlenie.ru)

Revolusi dalam kedokteran adalah karena penelitian Prancis Louis Pasteur dan Jerman Robert Koch, yang menemukan hubungan langsung antara mikroorganisme dan penyakit menular. Pada tahun 1892, para ahli mikrobiologi Jerman Richard Pfeiffer, yang mencoba untuk menganalisa penyebab dari wabah flu yang melanda Jerman pada tahun 1890, mengisolasi bakteri dari sputum pasien , yang disebut Bacillus influenzae (dapat diterjemahkan sebagai “bacillus influenza”). Dua dekade setelah bakteri ini dianggap sebagai penyebab utama flu. Akhirnya pada tahun-tahun 1918-1919 teori ini dipatahkan ketika ditemukan bahwa Bacillus influenzae terdeteksi hanya dalam beberapa pasien saja yang dengan influenza. 


Situasi berubah pada tahun 1930, ketika mereka membuat mikroskop yang lebih kuat,  dimana pada tahun 1931 dokter Amerika R. Shoup, mempelajari penyakit babi, menemukan bahwa beberapa dari mereka memiliki sifat virus. Dua tahun kemudian, virologists Inggris Smith, Andrews dan Laidlaw mengisolasi virus yang menyebabkan influenza manusia - influenza “A”. Di masa depan, “koleksi” dari virus influenza bertambah banyak. Sampai saat ini, ilmu pengetahuan tahu bahwa ada 3 jenis utama dari virus influenza A, B, C, dan banyak mutasi mereka. Setiap 20-30 tahun, subtipe virus influenza baru menyebabkan pandemi, yang mencakup seluruh negara dan bahkan benua.
1388258901734255585
sumber obtc.ru
Senang berbagi (Mengetahui sejarah lebih banyak bisa menjadi referensi, sehingga bisa menentukan langkah kita yang lebih baik) -lidia-