Senin, 31 Desember 2012

RUSIA SAYA DATANG



Lamaaaaaaaaaaaa nggak posting maaf ya... bukanya sibuk banget tapi lagi nggak ada ide berkepanjangan , tapi posting-posting saya berikutnya InssyaAlloh berkelanjutan dan  semoga bermanfaat untuk semua


Pernah dengar negara Rusia.... Pertama kali dengar negara tersebut terlintas komunis ' bukan berati mau mendiskriminasi atau mengungkit,  mungkin pelajaran  geografi dulu agak minim, diharap maklum... saat ini saya akan berusaha tau..... karena saya akan ke sana, memang kadang kala manusia kalau tidak terpaksa ..... betapa beruntungnya saya bisa di paksa untuk tau tentang RUSIA, seperti di pilem-pilem AMERIKA (yang selalu kontra dengan RUSIA) karena itu terucap kata :

RUSIA SAYA DATANG

Persiapan sebelumnya yang pasti brosing sana sini, belajar bahasa RUSIA yang nggak tamat-tamat, kebayang jangankan menghapal kata, menghapal huruf aja nggak tamat-tamat. Tau huruf Rusia? Cyrillic Rusia namanya, juga di sebut dengan Cyrillic Rusia, juga sering Alfavit   (Алфавит) terkadang juga disebut azbuka (азбука)....yang belakangan ini ternyata ada supermarket azbuka ... 



Merubah kebiasaan dalam membaca cukup sulit, yang harusnya Indonesia membaca ‘p’ , pada huruf Rusia dibaca menjadi ‘r’ , pernah saat sekali saat belajar saya membaca (манагер) ” MaNaGeR” saya baca “MaNaGeP”  jadi yang hapalnya hanya huruf N dan G aja…. Membahas huruf G ( Г ), bahasa Rusia tidak punya kata yang berawalan “H”  jadi kalau mau menulis “Har” mereka menulis dengan “Gar” ( Гар ). Bagaimana terbayang bukan mudahnya belajar bahasa Rusia, belum lagi dengan ada perbedaan jenis kata  wanita, pria, juga netral… ditambah lagi kalau jika  sudah tiba di Rusia dan belum hafal satu huruf pun… hehehe


Setelah 13 jam perjalanan yang buat punggung pegal akhirnya  mendarat juga di MOSKOW bandara DOMODEDOVO, sebenarnya ada 3 bandara di Moskow bandara internasional Rusia, jadi tergantung pesawat yang dinaiki maka akan mendarat di salah satu bandaranya. Sudah siap dengan semua baju dan hangat mantel bulu pokoknya semua yang super hangat untuk ukuran indonesia, dan dengan segala perlengkapan perang (bumbu dapur, cabe, bawang bumbu jadi,kecap manis, serta kerupuk dan ulekan) biasa perut orang Indonesia enggak jauh dari nasi, kerupuk, serta sambel. Pokoknya sudah siap tempur menghadapi suhu yang konon enggak pernah panas-panas, memang dasarnya dari kesehatan bahkan persiapan obat-obatan tentunya enggak ketinggalan.




Sama seperti orang kampung biasanya, melihat bule berseliweran sana sini, hampir 80% bule  (tampang bule yaitu entah dari rusia, eropa, ataupun amerika karena bagi saya hampir sama dengan kulit putih mata kayak pelangi kecuali warna merah dan orange, serta dengan rambut dari putih kuning, orange, coklat sampai hitam.... yah itu namanya bule versinya saya...) kemudian 12 % ras India, 8% ras Asia,  4% ras Afrika............. jadi  pemandangan yang jarang dilihat dan jangan di lewatkan, tegok sana mata biru, tengok sini mata hijau, tenggok depan mata abu2, baik laki dan perempuan tua maupun muda... setelah sadar agak lama tengok sana sini ternyata yang jadi bule itu sebenernya ya saya..... walah ternyata i'm the alien  in moscow sebenarnya .....  mereka memandang unik ada mahluk kecil berkulit nyaris coklat berjilbab  pake mantel tebal celengak celenguk sana sini...waduh berasa deh terliahat bu'le' beneran di antara orang bule

Ternyata dinginnya rusia mempengaruhi sedikit keramahan orang rusia, terbukti pertama kali mendarat untuk mengatur antrian entri paspor pada pemeriksaan  petugas imigrasi nggak segan-segan bernada masuk jalur sana sini, secara yang di atur mau dia orang asing atau orang rusia, mau diplomat atau bukan, kalau kata mereka tidak atau HE... ya artinya tetap tidak dengan ekspresi  tanpa senyum, padahal yang diatur juga enggak tau bahasanya jadi tetap enggak nyambung ...


Di depan tempat pemeriksaan pun mereka mengamati dengan teliti wajah foto yang ada di paspor dengan yang aslinya... apa karena orang asia ya, jadi mereka bingung membedakan karena mukanya kelihatan sama jadi mereka harus sangat teliti membedakan yang di paspor dengan yang asli, atau karena yang asli terlihat lebih keren dari fotonya 

Akhirnya lepas juga dari periksa memeriksa... jadi saatnya menghirup udara dingin...ready... Brr... +8 derajat C, ini baru sejuk bulan Oktober nanti mulai Desember muial mendingin.. kata salah seorang yang sudah tinggal di sini lama... hah... makai AC di jakarta aja 18 udah dingin pool... waduh ternyata mantel yang di bawa kurang ampuh.. 

Wah.. Pasti akan ada banyak pengalaman yang menarik  nanti pikir saya sangat bersemangat kenapa saya tidak share ke yang lainnya ... jadi sampai posting berikutnya saya akan tulis pengalaman saya tentang Rusia secara berkontinyu  ok sampai nanti (увидимся позже)