Jumat, 10 Januari 2014

(Bagian III) -17, Mancing di Kota Mayoritas Muslim

Melatih kesabaran dalam hidup, adalah  salah satu langkah yang berharga untuk menjadi bijaksana ) Yipi ye.... melihat ada orang yang mancing, sorak dalam hati...Kenapa mancing?, taukah anda mancing itu salah satu melatih kesabaran (biasa.. cara ampuh argumen cari alasan :D ),  selain itu ternyata mancing bisa menambah kerativitas untuk berseni lebih banyak, tidak percaya? coba anda sambil memancing memandang alam sekitarnya, saya yakin perasaan kagum anda dengan sekelilingnya (walaupun mancing di kolam pancing  tengah kampung sekalipun), tapi di saat memancing pikirkan yang positif ya... (jangan pikirkan tentang utang, atau  pacar orang, bahkan jangan pikirkan WIL atau PIL... ini PIL yang bukan obat ) dari sini anda bisa jadi tergugah untuk buat puisi, bahkan bisa sebagai ide tambahan melukis kalau anda suka melukis, yang suka buat lagu juga bisa jadi ada ide juga untuk membuat senandung melodi baru atau bait lagu baru. Tanpa di sadari bisa  sebagai jembatan penyeimbang otak kiri dan otak kanan anda (Hebat sekali argumen saya tentang mancing kali ini ya...)

1389289146817367180

Tample all religion take by me from the middle of Volga River

Kilas balik lagi satu paragraf terakhir yang saya tulis di bagian II
Tapi… ternyata yang tidak kalah menariknya bagi saya pemandangan di depan tempat ini.  Yaitu sungai Volga yang membeku …..ooohhh…indahhnya dan ini merupakan pemandangan yang belum pernah saya lihat, walau di Moskow sekalipun. Yang membuat mata sipit saya lebih terbelalak yaitu karena terlihat cukup banyak orang yang mancing di tengahnya, jadi ingin rasanya mancing juga di tengah sungai yang sudah beku ini.


1389284019269125914
Sungai Volga

Sungai Volga


Saya akui kurang belajar tentang peta dari sejak SD, jadi kalau di tanya ibukota suatu negara yang  asing bagi saya, kalau bisa di jawab berarti itu merupakan tebakkan yang  jitu... Karena dulu belajar peta merupakan hal yang tidak menarik, melihat  campuran gambar  warna biru sebagai laut  juga di tambah hiasan hijau kuning tidak beraturan sebagai pulau, kurang berwarna ... atau mungkin karena di dalamnya tidak ada warna  pink yang merupakan warna kesukkan waktu itu...hehehe. Tapi setelah ada peta satelit baru mata mulai membuka... ternyata bumi itu sangat luar biasa indahnya dengan haparan laut yang membentang, serta sungai yang membelah pulau, kenapa dahulu tidak ada peta satelit pikir saya (alasan lain sebenarnya malas belajar). Setelah saya dewasa (ini artinya bukan dan belum tua) malah diberikan ujian nikmat luar biasa dari Yang Maha Kuasa untuk bisa menjelajahi bumi ini (mungkin maksud dari -Nya memberi tanggung jawab kepada saya untuk berbagi info kepada yang belum punya kesempatan). Mengenai sungai Volga... Kata ini "Volga" berasal dari kata kuno negara Slavia yang artinya adalah kelembaban,  merupakan  sungai yang mengalir  melewati 11 daerah dan  4 republik di  Rusia, kemudian bermuara di Laut Kaspia. Adalah salah satu sungai terbesar di dunia dan yang terbesar di Eropa. Merupakan  sungai dengan urutan ke 16  terpanjang  di dunia dan ke-4 terpanjang di Rusia.
Sungai Volga ternyata terhubung ke 3  laut  yaitu sebagai berikut:   Laut Azov dan Laut Hitam melalui kanal Volga-Don; kemudian  Laut Baltik melalui Volga-Baltic Waterway;  serta Laut Putih oleh sistem sungai Putih Sea-Baltik Canal dan Severodvinsk. Sumber asupan air sungai  yaitu berasal dari 60% - air salju meleleh, 30% - air tanah, 10% - air hujan (terutama di musim panas).


1389288990831016185
the Volga River

Dari Segi perekonomian Rusia sungai ini sangat berperan penting , sudah sejak 30-an abad lalu menghasilkan listrik dari pembangkit listrik tenaga air. Kemudian dibangun  9 reservoir pembangkit listrik tenaga air di  sungai Volga, yang menghasilkan  45% listrik untuk industri dan pertanian Rusia. Sungai ini juga menghasilkan lebih dari 20% ikan untuk Industri makanan.
Pada sisi aliran bagian atas sungai Volga  digunakan untuk industri perhutanan, dan sisi bagian bawah sungai digunakan untuk pengairan dalam bercocok tanam. Sepanjang tengah dan hilir sungai juga dikembangkan hortikultura dan sektor taman.
Di wilayah Volga-Ural kaya  akan kandungan gas alam dan minyak, serta kota ini kaya akan kalium Solikamsk. Pada Sungai Volga bagian bawah terdapat danau  yang cukup terkenal yaitu Danau Baskunchak dimana danau ini tidak hanya untuk lumpur penyembuhan tetapi juga menghasilkan garam.
Pada bagian hulu sungai dilewati kapal yang mengangkut produk minyak, batu bara, bahan kerikil, semen, logam, garam dan produk kue. Di bagian hilirnya dibunanak untuk mengangkut  hutan, bahan baku industri, kayu dan produk jadi.

Merupakan pusat tempat yang kaya akan  kehidupan hewan liar di  Rusia. Ini adalah rumah bagi lebih dari 580 spesies yang berbeda . Banyak burung migran setiap tahun tiba di delta sungai. Adapun kandungan ikan yang terdapat pada sungai ini yaitu sekitar 75 ikan yang berbeda. jadi jika mancing di sungai Volga ikan yang di dapatkan diantaranya walleye, pike, Lud, lele, ikan mas, dan pasti banyak yang lainya

Mancing di Sungai Volga



Melihat pemandangan yang indah dengan ada orang yang macing, hal ini membuat saya sangat senang sekali seperti anak kecil baru mendapatkan mainan. Langsung saja turun untuk mencoba berjalan dia atas es sungai yang membeku ini untuk pertama kalinya, sambil dalam hati berdoa semoga es ini tidak pecah. Kebayang rasanya pada  filem animasi Ice Age yang dalam salah satu adengannya ada ikan purba sedang berenang di bawah sungai yang beku, menunggu mangsa di atasnya...  tenang saja orang lain saja tampak berjalan hilir- mudik santai dan tidak terlihat takut sama sekali (dalam hati menghibur diri). Tetap berjalan yakin walau dalam hati ini berdetak irama lagu rock. Selama berjalan di atas sungai beku, ternyata tidak ada masalah , tapi sedikit heran kenapa malah suhu di sini sepertinya terasa lebih hangat daripada suhu di atas tadi ( sebelum turun masih menunjukkan realfeel -17),  kalau begitu harus mencari tau ke para mbah di internet nanti  pikir dalam hati, dan terus berusaha berjalan dengan hati-hati agar tidak jatuh terpeleset... karena tidak yakin benar apakah sepatu yang dipakai ini cukup bisa mencengkram di atas es.
1389290752685408713
Orang yang mancing

Akhirnya dengan perjuangan yang agak heboh (karena baru pertama kali berjalan di atas sungai yang beku). Sampai juga di dekat orang yang mancing,  tidak rugi menelusuri sungai sambil melawan rasa takut ternyata memang seru sekali melihat orang mancing di salju ini. Umpan yang di pakai adalah potongan ikan kecil atau cacing tanah, lalu penasaran  mencoba sebentar memegang kail yang kecil, dan menunggu agak lama tapi tak merasakan ada ikan yang makan, sedang pemancing yang lain sudah dapat ikan  dua tiga kali. Kurang beruntung untuk kali ini, atau mungkin karena tangan yang  berasal dari iklim tropis belum berjabatan (kenal) langsung sama ikan ditempat dingin, jadi mereka  sedikit sombong tidak mau makan kail(mengarang bebas.ru).

13892952211168421904
lubang untuk mancing

Wah... tiba-tiba perut ini terasa bernyanyi dangdut, pantas saja karena belum makan saing dan hari ini menunjukka pukul 3.39 sore, sudah mulai akan gelap. Di  Kazan matahari mulai tenggelam jam 4.20 jadi jam 5 sore sudah terlihat gelap. Maka lansung  berpamitan kemudian berterima kasih dengan para pemancing yang sudah meminjamkan sebentar alat pancingnya (dalam arti tidak modal).

Dalam perjalanan kembali ke mobil, tiba-tiba melintas seperti sebuah kapal yang  berjalan di atas salju beku tanpa memecahkan permukaan yang beku ini, terlihat perahu ini membawa penumpang di dalamnya, pemandangan baru yang lain lagi  ini, maka cepat-cepat di abadikan. Saat menggambil gambar baru teringat namanya  adalah Hovercraft dan ini pernah ada di salah satu filemnya Jacky Chan, saat  kejar-kejaran ,sang penjahat naik ini dan  Jacky Chan sendiri naik motor salju  (motor ski).  Khusus untuk teman-teman semua saya ambilkan gambar Hovercraft ini.


13892922751638756850
The ski boat
13892950161305331330
Hovercraft (sumber autoreview.ru)
13892951151696653230
bagian dalam Hovercraf (sumber autoreview.ru)

Lalu kembali menuju arah kota , Kazan. tidak ada salahnya mencoba makanan khas Kazan untuk kali ini. Dalam perjalanan tengah jalan tampak banguan seperti istana, dan juga di depannya ada pagar yang bening seperti es balok , bertanya kepada Dima tentang ini, katanya mulai dari tanggal 5 kemarin memang ada festival musim dingin, dan pagar yang terlihat tadi memang dari es balok, juga di dalamnya terdapat  banyak lagi patung serta permainan yang semuanya dari es... huaaa mau lihat... tapi ini baiknya untuk tulisan bagian IV berikutnya ya...


1389294112753817304
Pagar dari Es

Berikut Film tentang memancing atas salju di sungai yang sudah beku


Senang berbagi:
(Ternyata alam sudah menyediakan semuanya untuk manusia, walau dalam keadaan dingin beku sekalipun, tinggal manusia harus bijaksana dalam memanfaatkanya)
-lidia- Kazan, 080114